Yuk Eksplor Lapangan Niti Mandala Renon!


Lapangan Niti Mandala Renon

Share on      

Sebelum mulai eksplorasi, kayaknya kita bahas dikit deh sejarah dari lapangan yang jadi jantung kota Denpasar ini. Okay, jadi Lapangan Niti Mandala atau yang lebih dikenal dengan nama Lapangan Renon ini terletak di Jl. Raya Puputan I No.110, Sumerta Kelod. Kenapa jadi jantung kota Denpasar? Karena disitu ada berbagai macam kantor penting, termasuk kantor Gubernur Provinsi Bali. Keren kan.

Jadi guys, lapangan ini luas banget. Di tengahnya ada salah satu monumen yang sudah mendunia loh, terutama bagi turis Asia. Namanya Monumen Bajra Sandhi atau Monumen Perjuangan Rakyat Bali yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat bali pada saat melawan penjajah dahulu. Diresmikan langsung pada Juni 2003 oleh Ibu Presiden Megawati Soekarnoputri. Tapi tadi waktu mau masuk ke dalam monumennya ternyata belum buka, next bakal kita bahas deh hehe.

Di area ini memang asik banget untuk olahraga. Biasanya orang-orang beraktivitas saat pagi dan sore hari. Tapi kalau mau kesini siang juga seru kok untuk sekedar jalan-jalan dan ngobrol di bawah pohon atau mau kumpul. Biasanya bakalan rame saat weekend, gak cuma untuk olahraga tapi berbagai komunitas melakukan kegiatan di sini. Gak ada biaya masuk, cukup membayar 1000 rupiah untuk membayar parkir kendaraan roda dua dan 5000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

 Oiya, disini juga gak ada jajanan ya guys. Meskipun kalau hari Minggu juga digelar Car Free Day, tetep aja gak boleh ada pedagang berjualan sembarangan. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan area sekitar sini agar tetap terawat dan nyaman untuk semua orang. Tapi kalian tetap diperbolehkan kok kalau mau membawa bekal atau membelinya di pedangang di luar pembatas area. Jangan lupa membuang sampah pada tempatnya dan tetap menjaga kebersihan yaa!


Related